Demo di DPR, Dema UIN Tolak Disusupi Pro-khilafah – Gerakan Turunkan Presiden

  • Whatsapp
banner 468x60

Mediacenter, Jakarta – Aliansi Mahasiswa Indonesia akan menggelar aksi di depan DPR hari ini. Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menolak segala bentuk penyusupan dalam aksi mahasiswa.

Dalam keterangan tertulis, ada enam poin pernyataan sikap Dema UIN terkait aksi 30 September 2019. Ketua Dema UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Sultan Rivandi saat dihubungi, Senin (30/9/2019), membenarkan dan mempersilakan keterangan tertulis itu untuk diberitakan.

Poin dari sikap Dema UIN yakni menolak segala bentuk penunggangan aksi mahasiswa oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. Mereka juga menolak penggulingan pemerintahan Presiden Joko Widodo-Wapres Jusuf Kalla (JK) menjelang akhir periode jabatan.

“Dema UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan tegas menyatakan seluruh upaya perjuangan kami tetap terfokus menyuarakan tuntutan kami sebelumnya. Dema UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tidak setuju dengan mosi tegakkan Khilafah Islamiyah. Dema UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tidak sepakat dengan tuntutan yang menyatakan ingin menggulingkan pemerintahan secara inkonstitusional,” tegas Sultan Rivandi.

Dema UIN Jakarta juga menolak upaya penjegalan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Jokowi-Ma’ruf Amin. Selain itu, Dema UIN menyatakan berkeberatan dengan tindakan represif aparat dalam menangani demo.

“Dema UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menentang keras segala upaya penggagalan pelantikan Presiden Republik Indonesia yang terpilih secara sah. Dema UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengutuk keras segala tindak represif yang dilakukan oleh seluruh aparat keamanan kepada demonstran. Dema UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menuntut pertanggungjawaban oleh pihak keamanan atas banyaknya korban luka dan korban jiwa yang berjatuhan pada saat demonstrasi berlangsung,” tegas Sultan Rivandi.

Sultan Rivandi juga mengajak semua mahasiswa UIN Jakarta untuk turun mengawal aspirasi yang sudah disuarakan sejak aksi sebelumnya. Dalam pelaksanaan aksi, Dema UIN Jakarta mengimbau dan menekankan kepada seluruh peserta aksi agar menjaga kebersihan fasilitas dan ketertiban umum.

“Jangan terprovokasi mosi-mosi yang tidak sesuai dengan mosi perjuangan sebelumnya. Tetap saling menjaga keselamatan bersama. Seluruh komando aksi di lapangan hanya berasal dari koordinator lapangan Dema UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Membawa perlengkapan keamanan dan keselamatan seperti masker, obat pribadi, dan air mineral,” tutur Sultan. (Mc/detik)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 comment