Sri Mulyani Minta Masyarakat Tak Fobia soal Utang

31

mediacenter.co.id, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bicara masalah utang yang marak jadi sorotan publik. Sri Mulyani menjelaskan utang merupakan bagian pembiayaan di mana utang tersebut dikelola dengan hati-hati.

Dia juga meminta masyarakat tidak fobia terhadap masalah utang.

“Kita juga punya instrumen pembiayaan kalau sekarang pembiayaan yang lebih dikenal karena dipopulerkan politisi hanya utang. Tapi sebetulnya ada utang ada investment. Utang pun kami akan terus hati-hati. Kami minta untuk dibantu semuanya tolong menjelaskan masyarakat tidak fobia, tapi tidak berarti juga tidak hati-hati,” kata Sri Mulyani dalam diskusi peringatan Hari Oeang ke-72 di Kementerian Keuangan Jakarta, Rabu (30/10).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mengatakan, pembiayaan itu digunakan untuk mendorong berbagai program. Program itu dari mendorong ekspor hingga perumahan.

“Pembiayaan itu investment kita investasi PT SMI untuk membuat create PPP, investasi di LPEI Bank Exim kita bagaimana menjadi fasilitator untuk para eksportir Indonesia. Kita investment di PT SMF untuk perumahan. Kita investment PII untuk penjaminan, dan bahkan Hutama Karya WIKA supaya jadi BUMN yang sehat,” terangnya.

Dia bilang, anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) baik dari penerimaan hingga belanja digunakan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi Indonesia.

“Poinnya APBN kita bisa pakai dari revenue side, penerimaan belanja maupun pembiayaan semuanya tujuannya supaya connecting masalah dan solusi bagaimana di-deliver secepat mungkin,” tutupnya. (Mc/detik)

SHARE