Imigrasi Batam Tunda 492 Paspor TKI

108

 

Batam – Imigrasi Kelas I Khusus Batam menerbitkan 45.644 paspor baru sepanjang tahun 2017. Jumlah tersebut turun jika dibandingkan dengan tahun 2016 lalu, dengan total yang diterbitkan sebanyak 63.299 paspor.
Sedangkan jumlah penundaan penerbitan paspor yang diduga sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) nonprosedural sebanyak 492.
Kepala Imigrasi Kelasi I Khusus Batam, Lucky Agung Binarto mengatakan, guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pihaknya telah melakukan banyak inovasi dalam melaksanakan tugas dan fungsi imigrasi.
Di antaranya adalah layanan antrean via whatssap, pelayanan jemput bola melalui mobile unit dengan mendatangi instansi atau perusahaan yang ingin mengajukan pembuatan paspor massal.
“Ada juga sistem pengawasan lalu lintas alat angkat laut berbasis elektronik menggunakan aplikasi marine transport monitorng system (MTMS). Merupakan karya inovasi perubahan Kabid Pendaratan dan Izin Masuk,” ujarnta di Batam Centre, Selasa (26/12/2017).
Pihaknya juga sudah menjalin kerja sama dengan PT Systran Electronics Zone tentang pinjam pakai sistem aplikasi dengan perangkat elektronic information system for imigration card (Eis-I Card) dalam pemerikasaan keimigrasian di tempat pemeriksaan imigrasi di pelabuhan.
Kemudian juga telah kerja sama dengan PT Pos Indonesia (Persero) dalam melayani passport delivery service yaitu pengiriman paspor ke alamat pemohon melalui mobil pos keliling.
riauone.com
SHARE