Dishub Pasang Spanduk Parkir Gratis di Engku Putri

119

Batam – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Parkir Dinas Perhubungan Kota Batam akhirnya memasang spanduk parkir gratis di sekitaran Dataran Engku, Batamcenter. Spanduk itu merupakan bentuk pemberitahuan kepada masyarakat jika sekitaran Engkuputri bebas dari biaya parkir apapun, apalagi disaat adanya event atau kegiatan apapun disana.

Kemarin, beberapa petugas Dishub tampak memasang spanduk parkir gratis. Dalam spanduk itu juga diingatkan agar setiap masyarakat yang parkir tidak meninggalkan benda-benda berharga serta mengunci ganda kendaraan mereka.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Yusfa Hendri mengatakan banyak oknum yang kerap mengambil keuntungan dari masyarakat selama beberapa kali event atau kegiatan di Engkuputri . Mereka memunggut biaya parkir hingga Rp 5000 kepada pengendara bermotor dan Rp 10 ribu pengendara mobil.

“Padahal sudah jelas daerah sekitaran Engkuputri bebas parkir, namun masih ada oknum yang memanfaatkan situasi tersebut. Karena itu kami pasang spanduk parkir gratis,” imbuh Yusfa.

Menurut dia, ada 12 titik dimana spanduk parkir gratis dipasang di Engkuputri. Dengan tujuan masyarakat bisa tahu dan menolak untuk membayar biaya parkir kepada orang yang mengatasnamakan petugas parkir.

“Spanduk itu akan kami pasang setiap ada acara. Seperti malam ini ada perayaan natal dan hingga acara tahun baru depan. Jadi tak adalagi punggutan liar itu,” jelas Yusfa.

Meski begitu, Yusfa mengaku masih ada daerah yang memang diberlakukan parkir berbayar, seperti sederetan Ruko teh Tarik Raja dan Ruko sederatan Holand Bakery Batamcenter.

“Di Ruko Fanindo itu parkir berbayar, jadi tak masuk parkir gratis,” ujar Yusfa.

Ia mengingatkan pengendara agar lebih menjaga keamanaan kendaraan mereka. Sebab, di daerah tersebut tidak adanya petugas yang disiapkan untuk menjaga parkir. “Karena tak ada petugas jaga, jadi masyarakat harus lebih waspada,” kata Yusfa.

Disisi lain, Yusfa mengaku petugas UPT parkir akan tetap mengawasi kawasan tersebut untuk menghindari terjadinya punggutan parkir liar. Pihaknya akan mengamankan siapa saja yang nekat menarik parkir diarea Engkuputri.

“Jika kedapatan, maka oknum tersebut akan kami serahkan ke polisi karena memunggut parkir tanpa izin,” pungkas Yusfa.

 

batampos.co.id

SHARE