Pakai Sepatu ‘Seharga Rp 500 Juta’, Suprianto Diamankan di Batam.

238

Batam – Petugas Bea dan Cukai Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, menangkap Suprianto (45). Ia mencoba menyelundupkan narkotika jenis sabu seberat 530 gram dengan nilai lebih dari Rp 500 juta.

Menurut Kabid Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi Kantor Bea dan Cukai Tipe B Batam Raden Evy Suhartantyo, penangkapan berawal dari kecurigaan petugas Bea dan Cukai yang berjaga di mesin pemindai pintu masuk Bandara Batam. Saat pelaku melewati mesin pemindai dengan gerak-gerik yang mencurigakan, petugas melakukan pemeriksaan badan dan barang bawaan.

“Pelaku sempat menolak saat petugas menggeledah seluruh badan dan barang bawaan di hanggar Bea dan Cukai Bandara Hang Nadim,” ujar Evy kepada wartawan, Rabu (27/12/2017).

Rencananya, pelaku berangkat dengan menumpang pesawat rute Batam-Cengkareng. Evy menambahkan, dari hasil pemeriksaan, pelaku kedapatan menyembunyikan metamfetamin atau narkotika jenis sabu sebanyak 2 bungkus di sepatu yang dipakainya.

“Satu bungkusan disembunyikan di sepatu sebelah kanan dan satu sepatu lagi disembunyikan di sepatu sebelah kiri dengan total berat 530 gram,” jelas Evy.

Menurut Evy, Suasana arus balik mudik Natal sengaja dimanfaatkan oleh para bandar dan kurir narkotika untuk mencoba menyelundupkan sabu dengan modus menyimpan sabu di sepatu dan di tas yang sudah dimodifikasi. Selain itu, para pelaku penyelundupan mencoba memanfaatkan kelengahan para petugas Bandara Batam.

“Kita sudah monitor jika arus balik mudik Natal ini dimanfaatkan oleh bandar dan kurir narkotika lewat bandara. Ini merupakan tangkapan yang ke-37 dalam sebulan ini. Untuk itu, petugas pengamanan sudah ditempatkan dengan penjagaan berlapis di pintu X-ray,” kata Evy.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas Bea dan Cukai Batam, kemudian pelaku diserahterimakan kepada BNN Provinsi Kepulauan Riau.

Sementara itu, Suprianto mengatakan tergiur menjadi kurir sabu lantaran butuh biaya membayar utang. Pelaku mengaku diupah Rp 8 juta untuk sekali mengantar barang haram tersebut. Dari tangan pelaku, petugas mengamankan sabu seberat 530 gram, 1 unit ponsel, sepasang sepatu, tiket, dan uang Rp 2.705.000.

News.dektik.com

SHARE